Wednesday, February 21, 2007

Dating..why not

Ringkasan PJ 16 Februari 2007

DATING WHY NOT....

Hai temen-temen? PJ kita kali ini bertemakan tentang “dating” lho...wow.siapa tuh yang sedang senyum-senyum waktu baca artikel ini? Hehehe.....Fasilkom’ers klo nge-bahas tentang masalah “kayak-ginian” pasti langsung “mengunci mulut” rapat2..ada yang tau kenapa? Yah..berdasarkan khotbah dari K’Sam, ada 4 macam kasih yang ada:

  1. Eros

Kasih yang ini nih yang sering kita dengar. Kasih yang seperti ini merupakan cinta yang dibangun berdasarkan karena fisik, contohnya: “I love you because you’re handsome”, dll. Tapi temen2, ternyata cinta ini nggak salah lho...ada kegunaannya juga. Apa tuh? Tanpa adanya eros, tidak akan ada keturunan. So...untuk yang udah punya pacar hati2 ya...eros dapat menyebabkan dosa lho. Apaan tuh? Yup..melakukan hubungan sexual di luar nikah.

  1. Storge

Kasih yang ini merupakan kasih di dalam keluarga, misalnya kasih antara ibu dengan anak. Contohnya, “I love you because I need you”.

  1. Phillia

Kasih yang ini merupakan kasih antar sahabat (persahabatan). Contohnya, ”I love you because you understand me”.

  1. Agape

Nah....kasih yang ini nih yang paling berat banget kita lakukan. Kasih yang seperti ini yang Tuhan Yesus ajarkan kepada kita. Kasih yang tulus, suci, tidak memaksa, tidak berlandaskan apa2, kasih yang mau berkorban, kasih yang berasal dari relung hati yang terdalam. Coba kita mengingat sebentar tentang penderitaan Yesus di atas Salib sampai dengan kematian-Nya. Itulah bukti nyata betapa Tuhan kita sangat mengasihi umat-Nya. Bisakah kita mempunyai kasih yang seperti ini?

Sekarang kita mau omongin tentang “dating”. Apa sih itu dating? Masa pengenalan 2 individu (cukup2 ya saudara-saudaraku...jangan 3, 4, bahkan 10 dan “beda kelamin”) secara khusus dengan tujuan pernikahan.
Ada 3 macam bentuk pertemanan:

  1. Universal friendship -> klo yang ini adalah teman2 kita yang biasa
  2. Deeper friendship -> ini merupakan bentuk persahabatan yang lebih dalam.
  3. Purposeful Intimacy with Integrity -> yang ini udah dalem banget

Hal-hal apa yang harus kita pikirkan? harus SEIMAN, BERDOA sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, KUALITAS pasangan (Apakah dengan kita berpacaran semakin mendekatkan diri kepada Tuhan?). Ingat ya temen2 semua, ketika kita memutuskan untuk berpacaran, kita memiliki tanggung-jawab yang besar kepada: Allah, pasangan, lingkungan.

Pada akhirnya..apakah kita boleh “dating” sekarang? boleh dong, asal....

  1. 1 Korintus 6:12
  2. Roma 14:13
  3. 2 Petrus 3:18
  4. 1 Korintus 10:31

Untuk yang belum “dating”...selamat berjuang mencari pasangan.

Untuk yang sudah “dating”....semoga selamat sampai tujuan J .

Damai sejahtera dan kasih Allah Bapa menyertai kita semua. Amin.

No comments: