Tuesday, March 20, 2007

Pelayanan Petrus

Ringkasan PJ 9 Maret 2007

Pelayanan Petrus

Hi smuanya, gmn kabarnya?sibuk?yah sibuk ga pa pa deh,yang penting masih sempet buka blog PO fasilkom. hehehe.. tp jangan sampai tugas jadi terbengkalai yak,ga bagus juga tuh. PJ kita kali ini tentang pelayanan Petrus. Bahan bacaan dari Alkitab kali ini dari Matius 16:13-20. dibaca lagi yak,jangan males baca Alkitab.

Hm..bagaimana kisah Petrus? Petrus pertama kali diperkenalkan kepada Yesus oleh Andreas (Yohanes 1:44). Pekerjaan Petrus pada saat itu adalah nelayan. Satu hal yang perlu diperhatikan, nelayan pada waktu itu adalah pekerjaan yang biasa, tetapi bukan pekerjaan yang utama. Petrus pada saat masih bekerja sebagai nelayan tidak memiliki pendidikan yang formal, bukan bangsawan, tetapi ia seorang yang saleh dan memiliki pengharapan tentang mesias. Sesudah melihat mujizat yang dilakukan oleh Yesus, maka ia pun menjadi penjala manusia.
Sesudah menjadi Rasul, Petrus mendapat karunia pelayanan khusus orang-orang yahudi (Galatia 2:1-10). Petrus disebutkan dalam Lukas 22:32, akan menguatkan saudara seiman. Hal ini terlihat di dalam Kisah Para Rasul 2, di mana Petrus bangkit dari antara 11 Rasul dan berkhotbah dengan suara nyaring.

Nama Petrus sebelum ia menerima Roh Kudus ialah Simon. Simon adalah gambaran dari umat Tuhan yang emosional, cuma berjanji dan hanya bisa omong gede saja tanpa perbuatan. Tetapi sesudah menerima Roh Kudus, ia berubah menjadi seorang yang melaksanakan tata tertib (Kisah 5:3).

Bagaimana peran Petrus dalam penginjilan? Petrus menulis surat 1 Petrus yang merupakan surat penggembalaan. Petrus memiliki kelemahan dan kegagalan pula di masa lalunya. Ia memiliki motivasi yang salah dan seringkali didorong perasaan (tidak berpikir dulu). Namun ia terus dipakai Tuhan untuk melayaniNya. Dampak dari pelayanan Petrus juga sampai sekarang ini adalah kita menerima injil Markus. Dan Petrus juga dinobatkan sebagai pemimpin gereja (Katolik).

Beberapa kunci keberhasilan Petrus ialah:
1. Iman kepada Kristus
2. Kasih
3. Setia sampai mati

Bagaimana dengan kita? apakah kita akan melayani sama seperti dengan Petrus dan bahkan setia sampai akhir hidup kita?

~Gbu

No comments: